Istilah taxonomy pada CMS Drupal

Pada CMS Drupal terdapat isitilah taxonomy dan secara default ada satu kategori taxonomy (bisa juga disebut taxonomy vocabulary) yaitu Tags. Sebenarnya apa arti dari istilah taxonomy dan apa kegunaan dari taxonomy tersebut pada CMS Drupal.

Pengertian Taxonomy

Secara ringkas, kata taxonomy menurut wikipedia adalah pengelompokan suatu hal berdasarkan hierarki (tingkatan) tertentu. Sedangkan pengertian taxonomy pada CMS Drupal kita bisa lihat pada saat membuka menu Taxonomy yang mana juga tidak jauh berbeda, yaitu pengelompokan untuk mengkategorikan konten atau artikel.

Taxonomy Drupal

Kegunaan Taxonomy

Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa pada Drupal secara default (sudah ada setelah CMS Drupal dipasang pertama kali) terdapat satu kategori taxonomy, yaitu Tags. Kegunaan dari kategori Tags ini yaitu mengelompokan konten atau artikel berdasarkan kata tertentu (biasanya lebih dari satu kata untuk setiap konten atau artikel).

Dengan pengelompokan ini kita dapat dengan mudah mengurutkan atau menyortir artikel mana saja yang memiliki Tags (penanda kata) yang sama.

Di dalam CMS Drupal kita juga dapat menambahkan kategori taxonomy yang lain. Misalkan kita ingin mengelompokan konten atau artikel berdasarkan kategori tertentu. Maka caranya tinggal menambahkan taxonomy vocabulary-nya, dalam hal ini Kategori. Apa saja kategorinya juga dapat kita definisikan sendiri.

Baca juga: Cara menambahkan taxonomy pada CMS Drupal

Kesimpulan

Dari tulisan yang singkat ini, dapat disimpulkan bahwa taxonomy pada CMS Drupal adalah pengelompokan konten atau artikel berdasarkan kategori tertentu yang telah didefinisakan sebelumnya.

Categories