5 langkah medaftarkan akun Amazon Web Services (AWS)

Amazon Web Services (AWS) adalah teknologi atau flatform cloud computing yang disediakan oleh Amazon.com. Teknologi ini memungkinkan pengguna memiliki server virtual yang lengkap dengan segala infrastruktur dan fitur yang dibutuhkan. 

AWS pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 yang terdiri dari berbagai jenis layanan. Selain computing (komputasi), layanan lainnya adalah storage (penyimpanan), networking (jaringan), database, analytics (analisis) dan sebagainya masih banyak lagi.

Mendaftarkan akun Amazon Web Services (AWS)

Untuk mendaftarkan akun di Amazon Web Services (AWS), sebelumnya ada beberapa hal yang Anda harus persiapkan. Beberapa hal yang dibutuhkan untuk mendaftarkan akun di Amazon Web Services (AWS) yang paling mutlak yaitu:

  1. Email,
  2. Kartu Kredit, dan
  3. Nomor Telepon Aktif.

Seperti disebutkan di atas salah satu yang dibutuhkan yaitu Kartu Kredit (Credit Card), mengapa dibutuhkan? Sebenarnya bukan kartu kreditnya yang dibutuhkan tapi nomor kartu kredit dan masa aktifnya sampai kapan (sama saja ternyata, haha).

Jawaban yang paling relevan yaitu kartu kredit nantinya akan digunakan untuk melakukan pembayaran atas produk yang sudah kita gunakan di Amazon Web Services (AWS). Tapi tenang saja, Amazon Web Services (AWS) menyediakan layanan gratis selama 750 jam atau 12 bulan untuk Basic Plan.

Langkah-langkah pendaftaran

Cara atau langkah-langkah untuk mendaftarkan akun di Amazon Web Services (AWS) yaitu sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir untuk data diri Anda. Dimulai dari Nama Lengkap, Nama Perusahaan, Negara, Alamat, Kota, Propinsi, Kode Pos, dan Nomor Telepon.
    Langkah 1 - 5 medaftarkan akun Amazon Web Services (AWS)
  2. Mengisi informasi pembayaran. Disini Anda diminta untuk memasukan informasi tentang Kartu Kredit yang Anda miliki, diantaranya yaitu: Nomor Kartu Kredit, Tanggal Kadaluarsa, dan Nama yang tertera pada Kartu Kredit.
    Langkah 2 - 5 medaftarkan akun Amazon Web Services (AWS)
  3. Mengisi nomor telepon yang dapat dihubungi. Pada formulir ini pastikan Anda mengisi nomor telepon yang dapat dihubungi karena ini dibutuhkan untuk memverifikasi data Anda. Setelah nomor telepon diisi, Bagian Contact Support AWS akan memberikan panggilan ke nomor telepon tersebut dan Anda diminta untuk menyebutkan PIN yang tertera pada formulir ini.
    Langkah 3 - 5 medaftarkan akun Amazon Web Services (AWS)
  4. Setelah langkah 1 sampai dengan 3 sukses dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah memilih kebutuhan layanan yang akan Anda gunakan. Pada langkah ini ada beberapa pilihan, diantaranya yaitu: Basic (Free), Developer, Business dan layanan Enterprise. Jika Anda baru atau pertama kali menggunakan Amazon Web Service (AWS) dan sekedar ingin mencoba layanan yang ada pada Amazon Web Services (AWS), Anda dapat memilih layanan Basic (Free). Dalam layanan Basic ini Anda akan mendapat beberapa produk gratis selama 750 jam atau 12 bulan kedepan.
    Langkah 4 - 5 medaftarkan akun Amazon Web Services (AWS)
  5. Sampai tahap ini, pendaftaran telah selesai. Akun Anda akan diproses beberapa saat dan setelah itu Anda akan diarahkan kehalaman Selamat Datang di Amazon Web Services (AWS) dan Anda juga akan mendapat email konfirmasi.
    Langkah 5 - 5 medaftarkan akun Amazon Web Services (AWS)

Itulah 5 langkah untuk mendaftar akun di Amazon Web Services (AWS). Mudah bukan!

Semoga bermanfaat.

Categories